CATATAN SEORANG MURID DAN GURU

Saat saya menjadi murid, saya berpendapat, guru yang hebat adalah seseorang yang ramah di kelas, memberikan sedikit tugas dan pekerjaan rumah. 
Tak perlu dikatakan lagi, perspektif saya berubah setelah bertahun-tahun terjun sebagai bagian dalam dunia pendidikan. Mengajar adalah profesi yang sulit, dan beberapa guru tidak pernah naik di atas biasa-biasa saja. Mereka hanya melakukan minimal dan tidak lebih. Mungkin diantaranya adalah saya.
Disisi lain, kita pun dapat jumpai guru yang berbeda, yang bekerja tanpa lelah untuk menyediakan lingkungan yang menantang dan memelihara bagi murid mereka. Dia adalah ‘Guru Literat.’ 
‘Guru Literat’ seseorang yang “melek” mampu memahami sesuatu karena telah membaca informasi yang benar dan melakukan sesuatu berdasarkan pemahamannya terhadap apa yang dibaca. Dan satu hal yang perlu kita garis bawahi, kepekaan atau literasi seseorang tidak muncul begitu saja. Pengajaran yang hebat tampaknya lebih tentang sikap kita terhadap murid kita, mata pelajaran kita, dan pekerjaan kita tentang pengetahuan dan keterampilan kita. Literasi adalah istilah yang mengacu pada seperangkat kompetensi dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, berhitung dan pemecahan masalah pada tingkat profesional tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun ini sama sekali bukan sesuatu yang lengkap, saya telah mempersempit banyak karakteristik guru yang hebat menjadi yang menurut saya paling penting, terlepas dari siapa, bagaimana dan dimana muridnya berada tapi tentang seberapa ‘Literat’-nya dia.
a. Menghargai murid-muridnya
Setiap ide dan pendapat murid dihargai di kelas. Murid merasa nyaman mengekspresikan emosi mereka dan belajar untuk menghormati dan mendengarkan orang lain. Guru ini menjadikan kelas sebagai tempat yang ramah bagi semua murid untuk belajar.
b. Menumbuhkan rasa memiliki dan komunitas di dalam kelas
Di kelas guru ini, rasa saling menghormati menciptakan lingkungan yang mendukung dan kolaboratif. Ada aturan yang harus diikuti dan pekerjaan yang harus dilakukan dalam komunitas kecil ini, dan setiap murid memahami bahwa dia adalah bagian penting dan integral dari kelompok. Seorang guru yang menunjukkan kepada murid bahwa mereka tidak hanya dapat mengandalkan dia, tetapi juga pada seluruh kelas.
c. Ramah, mudah didekati, antusias, dan perhatian
Orang ini mudah didekati oleh semua orang, bukan hanya muridnya. Ini adalah guru yang murid tahu, mereka dapat pergi dengan masalah atau apa pun, atau bahkan untuk berbagi cerita lucu. Guru yang hebat memiliki keterampilan mendengarkan. Guru yang sangat baik dan meluangkan waktu dalam jadwal mereka yang sudah terbebani untuk siapa saja yang membutuhkannya. Tidak ada yang tahu apakah guru ini sedang mengalami hari yang buruk—cerita pribadinya ditinggalkan di luar pintu sekolah.
d. Memiliki harapan yang tinggi untuk semua muridnya
Guru ini menyadari bahwa harapannya untuk murid-muridnya memiliki dampak yang signifikan terhadap prestasi mereka; dia mengerti bahwa murid umumnya memberi kepada guru sebanyak atau sesedikit yang diharapkan dari mereka.
e. Menikmati pembelajaran dan menginspirasi murid dengan antusiasmenya terhadap pendidikan dan materi pelajaran
Dalam usahanya untuk memberikan murid dengan pendidikan kualitas tertinggi, ia terus-menerus memperbarui dirinya sebagai seorang profesional. Guru ini tidak ragu untuk mempelajari strategi pengajaran baru atau menggabungkan teknologi baru ke dalam pelajaran, dan dia selalu bersedia untuk berbagi apa yang telah dia pelajari dengan rekan-rekannya.
f. Merupakan pemimpin yang berprestasi
Guru yang efektif, tidak seperti pemimpin administrasi, memprioritaskan pengambilan keputusan bersama dan kerja tim, serta pembangunan komunitas. Guru yang luar biasa ini menanamkan dalam diri murid-muridnya rasa kepemimpinan dengan membiarkan mereka mengambil peran kepemimpinan.
g. Mampu "memindahkan kayuhnya" dan dapat beradaptasi ketika pelajaran tidak berhasil
Guru ini mengevaluasi pengajarannya sepanjang pelajaran dan menemukan cara baru untuk menyajikan materi untuk memastikan bahwa setiap murid memahami konsep-konsep kunci.
h. Bekerja dengan rekan kerja secara teratur
Alih-alih melihat dirinya lemah karena dia mencari nasihat atau bantuan, guru ini melihat kolaborasi sebagai kesempatan untuk belajar dari profesional lain. Seorang guru yang memandang kritik dan saran yang membangun sebagai peluang untuk berkembang sebagai seorang guru.
i. Mempertahankan profesionalisme dalam semua aspek kehidupannya, mulai dari penampilan pribadi hingga keterampilan berorganisasi dan kesiapan sehari-hari
Kemampuan komunikasinya luar biasa, apakah dia berbicara dengan administrator, murid, atau kolega. Orang-orang di sekitarnya memperhatikan rasa hormat guru besar itu karena sikap profesionalnya. 

Sementara beberapa orang dilahirkan dengan karunia mengajar, yang lain harus bekerja keras untuk mencapai status guru yang hebat dan ‘Literat’. Imbalannya, bagaimanapun, sangat besar — untuk Anda, kita dan murid-murid.
Apakah kita sudah cukup puas dengan segudang prestasi kehebatan yang melekat? Guru idaman setiap siswa adalah ‘Guru Literat’, karena kehadirannya sangat dinantikan, dan karena ‘Guru Literat’ tidak hanya “berfokus” pada prestasinya sendiri, tetapi juga mempertimbangkan bagaimana siswanya dqapat mengunggulinya.
Teruntuk semua manusia Indonesia yang bernafas dan memiliki raga, pantaskan diri kita menjadi guru yang hebat dengan menjadi ‘Guru Literat’. Pertimbangkan apa yang akan dipikirkan murid tentang Anda ketika mereka mengingat guru yang mereka miliki di ‘sekolah’.
Iqro..
Teruslah membaca, menulis dan jangan bosan untuk terus berlatih.
Salam literasi.

Canny Ilmiati. Seseorang yang terlahir di Jakarta pada 21 Mei 1984. Guru kelas 4 SDN Pesanggrahan 02 Jakarta. Saat ini sedang menempuh pendidikan pascasarjana di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta jurusan Pendidikan Dasar. 
Dari Ali bin Abi Thalib, “Semua penulis akan mati. Hanya karyanya yang akan abadi. Maka, tulislah sesuatu yang membahagiakan dirimu di akhirat nanti.” Pembaca dapat menghubungi melalui: cannychannel@edu.jakarta.go.id. Instagram: canny.channel Hp.0878-0906-8810

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ISTILAH 'ON' ATAU ONGAESHI

Fungsi Lingkungan bagi Kehidupan

Kendi Emas dan Ular